Bagi Sobat Yang Bingung Cara Download Silahkan Klik DISINI

Cara Memperbaiki File System di Windows XP Yang Hilang/Rusak

Mungkin anda pernah mengalami gejala pada Windows XP anda seperti ada gangguan atau tidak berjalan semestinya, terutama bila ada file system yang hilang atau rusak (files missing/corrupt).
Keadaan tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya karena seringnya mati listrik yang menyebabkan data corruption di hard disk, karena proses install/uninstall berbagai software yang tidak sempurna, atau karena virus, atau juga karena tidak sengaja terhapus.

Salah satu alternatif untuk mengatasinya, bisa menggunakan sebuah program/tool yang memang sudah disediakan (bawaan) Windows XP, yaitu sebuah tool yang namanya Windows File Protection. Program ini fungsinya adalah untuk memperbaiki file system yang hilang/rusak, yaitu dengan memeriksa (scan) file-file penting (system files) yang diperlukan oleh Windows XP, cek integritas setiap file tersebut, dan secara otomatis akan menggantinya dengan yang file system yang asli bila diperlukan.

Menjalankan Windows File Protection
Untuk mengaktifkannya, berhubung pada menu Programs di Start Menu tidak ditampilkan tool ini, maka harus dijalankan melalui perintah di menu Run. Caranya, klik Start Menu –> Run. Atau bisa juga tekan tombol Win+R (tekan tombol bergambar Windows dibarengi dengan tekan tombol huruf R) di keyboard. Selanjutnya ketikkan perintah ini di menu Run:
sfc /scannow

Laku tekan tombol Enter atau klik OK. Perintah tersebut akan memunculkan kotak dialog Windows File Protection.

Kemudian tool ini akan meminta anda untuk memasukkan CD setup Windows XP dengan versi yang tentu harus sesuai dengan Windows XP yang sedang anda jalankan (misalnya Windows XP Professional Service Pack 3). Selanjutnya silahkan ikuti saja petunjuk yang ada.

Sebagai catatan, tool ini hanya buat Windows XP dan Windows Server 2003 saja dan yg windows 7 belum dicoba.



Install ulang sebenarnya tidak terlalu diperlukan ketika komputer kita mengalami masalah kecil yang tidak terlalu serius. Malah kita dapat memperbaiki komputer dengan mudah dan cepat, hanya membutuhkan satu kali restart. Ya, program yang membantu kita memperbaiki windows xp adalah System Restore, program yang jarang kita dengar. Program tersebut berfungsi mengembalikan/restore settingan komputer kita ke keadaan sebelum komputer error.

Bagaimana caranya?
Kita harus memiliki Restore Point sebagai penanda keadaan sebelum komputer error. Jadi setting komputer kita ketika normal disimpan sementara di restore point, saat terjadi error, dengan cepat komputer bisa memanggil kembali setting tersebut dan masalah selesai. Cara menggunakan system restore:

1. Buka Start > All Program > Accessories > System Tools > System Restore.

2. Untuk membuat System Restore Point, tandai Create a Restore Point. Untuk memperbaiki komputer tanpa install ulang, tandai Restore my computer to an earlier time. Klik next.
3. Komputer akan mencari system restore point terbaru yang tersimpan (Sekedar informasi, komputer selalu membuat system restore point baru ketika kita menginstall suatu software, apapun itu). Setelah memilih restore point, lalu klik next.

4. Kita akan mengembalikan keadaan komputer kita pada waktu yang kita pilih tadi lewat restore point. Tutup semua program dan simpan semua data sebelum restoring, karena komputer akan otomatis ter-restart setelah kita klik next.
5. Dan komputer kita kembali ke keadaan semula!

Dengan System Restore, kita bisa memperbaiki komputer windows xp tanpa install ulang



Dengan menggunakan Software
Kalau anda ingin dengan cara menggunakan aplikasi, ni ane kasih software nya.
XP Repair Pro adalah sebuah sistem utilitas populer yang dirancang untuk mengizinkan semua pengguna komputer dengan cepat dan mudah memperbaiki kesalahan umum yang terjadi pada Windows dan ribuan software lainnya. Apakah Anda mengalami kesalahan sistem, kemacetan sistem atau jika komputer Anda hanya tampaknya berjalan lambat, alat yang berguna XP Repair Pro akan membantu menghidupkan kembali PC Anda tanpa harus menghabiskan ratusan dolar untuk seorang teknisi komputer untuk melakukan apa yang dapat Anda lakukan sendiri. Hanya dengan mengklik sebuah tombol, Anda dapat dengan cepat mengembalikan komputer kembali ke kondisi seperti baru. Perbaikan Database kami mencakup lebih dari 11.348 Program dari 6232 penerbit dan dapat memperbaiki lebih dari 60.000 sering terjadi kesalahan Windows.
Download disini


Semoga bermanfaat
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...