Bagi Sobat Yang Bingung Cara Download Silahkan Klik DISINI

Cara Memperbaiki Kualitas Pasta Processor Atau Processor Thermalpaste

Posting kali ini menjelaskan tentang cara memperbaiki kualitas pasta processor atau processor thermalpaste dari yang harga umumnya murah. Karena harga murah biasanya kualitasnya jelek dibanding dengan harga yang agak mahal. Pada dasarnya panas yang terjadi pada prosessor atau pada GPU chip (chip VGA) harus segera didinginkan dan sesuai dengan manufaktur maka pada perakitannya telah disediakan heatsink dan kipas untuk proses pendinginan agar penyaluran panas dari sumber panas ke headsink dapat secara optimal maka pada pemasangan processor dengan headsink diantara keduanya harus diberi semacam pasta khusus yang fungsinya agar tidak terdapat celah di antara keduanya untuk pasta processor sudah tersedia di pasaran dengan berbagai merek, harga dan keunggulannya. Namun pada dasarnya tetap yang namanya barang ya "ada harga ada rupa". thermalpasta ada yang dari harga Rp 20.000 hingga yang harganya ratusan ribu, dari yang murah tapi banyak isinya sampai yang mahal tapi malah sedikit isinya

Oleh karena itu lughot mencoba ngasih tau trick nya. jangan khawatir meskipun ini trik buatan sendiri tapi Alhamdulillah TOKCER
ide ini muncul ketika processor laptop lughot overheat melulu gara gara habis dibersihin dan diganti thermal pastanya. Awalnya gak tau kalo ada berbagai kualitas pasta. saat itu lughot beli yang Rp 20.000an yang isinya lumayan banyak. Saya apply pasta tersebut tapi ya itu tadi jadi cepet overaheat GPU nya. saya bongkar lagi, coba saya tambahi pastanya saya rasa kurang
tapi ya tetap saja overheat lagi!! cape deeeeh

nah setelah sekitar 3 bulanan saya bersabar pada keadaan tersebut lalu muncullah ide meningkatkan kualitas konduktansi panas pasta, sederhana tapi lumayan bermanfaat dan gak mahal dehh, tapi tetep perlu berusaha

ya, saya masih menggunakan sisa pasta yang harganya cuma Rp 20.000an Tadi, Karena isinya banyak dan makainya cuma secukupnya saja jadi sisanya juga masih banyak. Pada intinya saya hanya menambahkan partikel alumunium halus pada pasta tersebut, begini penjelasannya :

alat dan bahan
1. pastaprocessor yang murah tapi banyak (jangan yang murahan!!!)

2. logam alumunium (cari alumunium bekas saja (misal pake panci alumunium bekas, kaleng softdrink alumunium, bekas antena,dll) tapi sebaiknya jangan yang berupa barang cast alumunium (alumunium cetak), karena sudah terlalu keras, dan jangan !!!! pakai uang logam rupiah yang alumunium. kalo gak ada yamg lain gak papa ding yang paling gampang itu kok (coba kalo uang logamnya dari logam mulia? wow keren))
3. kikir halus (pake saja NeedleFile (kikir needle) sesuai contoh)
4. sesuatu alas boleh dari kertas atau plastik sebaiknya yang kaku dan tidak terlalu menyerap zat cair
5. secarik kertas
6. yang paling penting harus ada seperangkat computer yang siap di bongkar ato udah di bongkar
7. step carefully (pesan mbak nya busway!)

mulai kerja! good luck!
1. kikirlah alumunium diatas kertas, kumpulkan serpihan serpihan halus dari hasil pengikiran (ingat sebuk harus lembut) hingga dirasa cukup jumlah serbuknya.


2. keluarkan pasta secukupnya (kira kira cukup untuk pemakaian kali ini saja) dari botolnya dan taruh di atas alas yang tidak menyerap zat cair, karena pada pasta terdapat minyak agar pasta tidak cepat kering saat digunakan.

3. tuangkan serbuk alumunium (kira kira cukup saja) pada pasta yang telah di siapkan, lalu aduk hingga tercampur rata.
4. tambahkan lagi serbuk alumunium bila dirasa kurang.
5. bila pencampuran telah dirasa cukup, berarti pasta siap di apply atau siap digunakan 
simpan sisanya ya, dibuang sayang!!!


pengaplikasian pada processor
1. bersihkan permukaan pada processor dan juga pada heatsinknya
2. pemakaian cukup se-kotak area yang didinginkan(main block), jangan kebanyakan memberikan pasta, jangan tercepret sebaiknya cukup dan rapi, juga jangan terlalu tebal. jangan terkena komponen lain karena sudah mengandung logam, makanya hati hati biar gak konslet boooo!
3. bila dirasa cukup, pasang heatsink dan rakit kembali komputer anda dan cek hasilnya, semoga anda beruntung

punya lughot dari standby dulu panas GPUnya langsung 65an derajat celcius sekarang Udah lumayan bisa ampe 45an derajat celcius, Alhamdulillah deh!!! sip sip sip!

selamat mencoba! semoga bermanfaat! step carefully! good luck!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...