Bagi Sobat Yang Bingung Cara Download Silahkan Klik DISINI

Daftar Istilah Dalam Dunia Komputer Dan Website

x86
Nama umum dari arsitektur microprocessor yg pertama kali di kembangkan dan di produksi olh intel. Arsiktetur x86 saat ini mendominasi komputer desktop, notebook dan server sederhana. Arsitektur ini dinamakan x86 di karenakan processor-processor awal dari keluarga arsitektur ini memiliki nomor model yg di akhiri dengan urutan 86 (81186, 82186, 386, dan 486). Karena nomor tdk bisa di patenkan intel dan manufaktur pesaingnya mulai menggunakan nama yg bisa di patenkan, misalnya Pentium utk generasi selanjutnya dari arsitektur ini.

Chipset
Potongan kecil silicon yg digunakan utk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tdk sebuah chip di dlmnya. Chipset pd motherboard berfungsi utk mengontrol input dan output yg mendasar dari komputer. Chipset pd video card (VGA) berfungsi utk mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari sgambar pd monitor anda.

DRAM
Dynamic Random Access Memory adlh tipe komponen memori yg biasanya digunakan utk menyimpan data atau informasi pd PC (Personal Computer). Disebut dynamic karena utk tetap menyimpan data, DRAM membutuhkan secara trs menerus sebuah sinyal refresh, berupa gelombang arus listrik.

Core Clock
Kecepatan GPU dlm sebuah video card atau biasa di sebut VGA. Core clock bisa berbeda-beda meski menggunakan GPU yg sama. Hal ini disebabkan karena pembuat video card (VGA) diberikan kebebasan utk core clock nya sendiri agar berbeda dengan produsen video card lain.

Hyperthreading
Teknologi dari intel yg awalnya hadir pd jajaran processor Pentium 4 yg memungkinkan satu processor single core dikenali olh sistem operasi memiliki dua pemroses (core).

HyperTransport
Teknologi interface bus yg di gunakan pd sistem board dengan dimensi tdk lbh dari 24 inci. Teknologi ini di maksudkan utk menghadirkan tingkat kecepatan transfer data lbh tinggi dari sebelumnya, dan latency yg rendah.

Latency
Waktu tunda (delay) yg dibutuhkan utk mendapatkan data di memory, dimulai saat CPU request hingga CPU retrieve.

GUI
Graphic User Interface, nama generic utk semua interface komputer yg menggunakan grafis, windows (jendela), atau alat penunjuk (pointing device). GUI di perkenalkan pertama kali olh Xerox dan pertama kali di gunakan pd komputer yg menggunakan sistem operasi Mac.

Cache
Adlh memory yg berfungsi utk menempatkan data program maupun informasi yg paling sering digunakan agar dengan cepat dapat di akses kembali.

Heatpipe
Salah satu jenis komponen pendingin yg digunakan di komputer yg berbentuk pipa logam. Ujung yg satu berfungsi sebagai penyerap panas kemudian mengalirkannya ke ujung lain utk di dinginkan. Pd sisi pendingin biasanya di pasang sirip-sirip alumunium tipis guna mengoptimalkan proses pendingin tersebut.

SLI
Scalable Link Interface adlh teknik menggabungkan 2 buah video card dari nVidia dlm satu motherboard guna mendapatkan peningkatan performa sebanding dengan jumlah performa kedua video card yg di gunakan.

Bottleneck
Peristiwa delay pd transmisi data yg melalui sebuah channel tertentu. Delay tersebut terjadi karena bandwidth yg di miliki tdk dapat menampung jumlah informasi yg lewat saat sedang diproses.

Buffer
Area pd media penyimpanan yg berfungsi menampung data secara sementara hingga di pakai utk pemrosesan. Buffer juga dapat di pakai utk membantu komunikasi antar dua perangkat yg memiliki kecepatan pemrosesan yg berbeda.

CRC
Cylic Redudancy Check adlh proses pemeriksaan transmisi dengan orientasi bit. Sebuah blok pesan akan dianggap sebagai sederet bit yg dikirim. Bit-bit tersebut dimasukkan dlm generator CRC dan kemudian melakukan operasi matematis. Hasil perhitungan saat bit dikirim dan diterima akan menentukan ada tdknya kesalahan dlm pengiriman.

API
Kepanjangan dari Application Program Interface. API merupakan interface yg digunakan olh aplikasi-aplikasi tiga dimensi (3D), contohnya : game 3D atau aplikasi lain yg memberikan tampilan 3D. ada 2 macam API yg sering digunakan saat ini yaitu OpenGL dan DirectX.

CUDA
Compute Unified Device Architecture adlh teknologi GPGPU dari nVidia yg memungkinkan programmer bahasa pemrogaman C dlm membuat algoritma yg dapat di eksekusi olh GPU. CUDA dikembangkan olh nVidia, utk dapat menggunakan arsitektur ini diperlukan GPU nVidia Driver Stream Processing khusus. CUDA hanya dapat bekerja pd seri GPU Gforce 8.

MTBF
Mean Time Between Failure, merupakan ukuran waktu rata-rata dari sebuah produk hingga mengalami kerusakan. Hal itu ditentukan berdasarkan statistik pengujian operasional sebelum di pasarkan. MTBF biasanya di ukur dlm satuan jam.

Crash
Kondisi ketika sebuah program bisa berupa aplikasi ataupun sistem operasi berhenti bekerja sebagaimana mestinya. Secara sederhana program yg mengalami crash akan tampak diam (not responding). Jika program yg mengalami crash adlh bagian penting dari kernel system operasi maka keseluruhan komputer akan ikut crash.

Platter
Adlh media disk berbahan logam yg ada di dlm harddisk. Permukaannya di lapisi materi yg bersifat magnetik yg berfungsi utk merekam data.

Path
Merupakan sebuah alamat yg merujuk pd lokasi sebuah file yg terdapat di dlm komputer. Semakin dlm lokasi file tersebut berada, semakin panjang path yg di tampilkan.

Defragment
Proses pengumpulan potongan-potongan file atau folder yg tersebar dlm suatu media (harddisk, flashdisk) agar lbh teratur serta menimalisir jarak potongan data antarsegment. Hasil yg di harapkan dari proses ini adlh kecepatan dlm memproses membaca sebuah file, karena pointer tdk harus meloncat secara acak utk membaca potongan-potongan data yg terletak pd banyaknya segment.

Context Menu
Menu khusus yg muncul ketika user mengklik kanan mouse pd suatu objek (icon, file, folder). Setiap objek dimungkinkan utk memiliki context menu yg berbeda. Context Menu sering juga disebut sebagai popup menu.

Pop-up
Suatu objek yg muncul tiba-tiba di layar monitor. Objeknya sendiri dapat berupa window, menu dan sebagainya. Pop-up paling sering di jumpai dlm bentuk peringatan utk proses reboot setelah windows menyelesaikan proses update dan pop-up message saat server jaringan mengirim pesan melalui perintah net send kepd user lain.

Aspect Ratio
Perbandingan antara tinggi dan lebar gambar yg muncul di monitor atau TV. Aspect ratio yg di gunakan pd TV biasa atau monitor adlh 4:3, sedangkan aspect ratio yg digunakan pd HDTV adlh 16:9 (widescreen).

Refresh Rate
Pengukuran banyaknya refresh yg di lakukan monitor dlm waktu satu detik dengan satuan Hertz. Jika terlalu rendah bisa menyebabkan kedipan (flicker) pd layar monitor. Contoh, refresh rate 60 Hz, artinya gambar akan di refresh sebanyak 60 kali dlm satu detik.

Jagged
Atau biasa di sebut jaggies dikenal juga dengan nama pixelization atau aliasing. Istilah dlm gambar 3D, dimana garis lurus akan terlihat seperti anak tangga atau gerigi.

OEM
Original Equipment Manufacture adlh sebuah perusahaan yg membuat produk atau komponen atas dasar pesanan perusahaan manufaktur lain. Pesanan tersebut biasanya khusus utk di integrasikan dengan produk lain berdasar rancangan dan spesifikasi yg di minta olh perusahaan pemesan yg biasa di sebut VAR (Value Added Reseller).

Bandwidth
Adlh lebar frekuensi antara batas teratas dan terbawah dari sebuah grekuensi gelombang transmisi. Dlm internet, bandwidth biasanya dihitung berdasarkan jumlah bit data yg dapat dibawa dlm satuan detik.

FTP
File Transfer Protocol, protokol internet yg merupakan standar utk proses transfer file komputer anatara mesin-mesin yg menjalankan sistem yg sangat berbeda. FTP merupakan layanan yg paling banyak di gunakan pengguna internet utk men download file digital seperti games, foto, video, musik dll.

ActiveX
Teknologi atau komponen yg digunakan utk fungsi-fungsi khusus seperti animasi, menu pulldown (pop-up menu) di halaman web, aplikasi, maupun tools dari software development. Lisensi teknologi ini berada di bawah standar organisasi the open group sehingga bisa di gunakan di berbagai macam platform.

IIS
Internet Information Server adlh sebuah web server yg tersedia secara otomatis pd saat instalasi windows server. IIS menginstal dirinya sendiri di partisi primer secara otomatis. Dapat menyebabkan pengguna internet lain dapat mengakses partisi sistem setiap kali mereka melihat suatu halaman web atau menggunakan FTP utk download file.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...