Bagi Sobat Yang Bingung Cara Download Silahkan Klik DISINI

[The Best Share] Teknik Kalibrasi Baterai Laptop + Cara merawat yang benar

Ini posting saya buat berdasarkan referensi dari berbagai buku dan pengalaman saya yang benar-benar saya sajikan dengan sejujur-jujurnya demi kemaslahatan warga lughot.
Referensi saya dari majalah lepi terkenal di Indonesia dan beberapa buku computer lain serta pengalaman pribadi. Langsung aja kita mulai.
1.Jangan mematikan lepi dalam kondisi baterai < 40%
Dari buku yang ana baca di bazar buku di pusat kota M*lang, maaf lupa nama bukunya, hal ini menyebabkan kerusakan permanen pada baterai.

2.Jangan charge hingga kepenuhan saat lepi mati
Melakukan charge kepenuhan terbukti menyebabkan lama daya tahan baterai berkurang. Secara teknis emang ana tidak tahu tapi udah saya buktikan dan teman ana pun juga membuktikan. Terutama kebiasaan mencharge lepi kemudian ditinggal tidur dan pagi2 setelah kita bangun led baterai lepi udah pertanda penuh.

3. Jangan lepas baterai ketika lepi dihidupkan (mode AC)
a. Mode AC tanpa baterai memungkinkan terjadi kerusakan pada motherboard akibat listrik tidak stabil / listrik mati mendadak, dan jika motherboard rusak sama aja dengan kerusakan pada lepi keseluruhan. Tapi memang menghemat baterai (namax juga gak dipakai, ya pasti awet tu baterai)
b.Mode AC dengan baterai memungkinkan terjadi penurunan kualitas baterai tapi sangat aman bagi kesehatan lepi jika terjadi listrik mati mendadak.
jadi saya sarankan agar tidak melepas baterai saat menggunakan lepi
PILIH MANA (MOTHERBOARD RUSAK ATAU BATERAI RUSAK)

4. Lepas baterai lepi jika lepi tidak digunakan dalam jangka waktu lama (> 24 jam)

5. Lakukan kalibrasi baterai setiap 30 kali charge (default)
Kalibrasi digunakan agar kalkulasi baterai tetap akurat.
Berikut caranya:
a. Charge lepi sampai penuh (100%) dan biarkan kabel charge tertancap selama 2 jam sembari digunakan lepi buat aktifitas
b. Aktifkan system hibernate
c. Setting agar system hibernate dijalakan otomatis jika baterai lepi udah habis (critical battery)
d. Gunakan lepi degan aktifitas2 anda dan tunggu sampai baterai habis… bis… bis… dan system hibernate dilakukan
e. Selama hibernate, diamkan lepi selama +- 8 jam dengan kondisi baterai tetap tertancap
f. Setelah 8 jam, charge lepi selama sampai penuh namun lepi dalam kondisi masih hibernate (belum dihidupkan).

NB: Gunakan software battery care agar tidak perlu repot2 menghitung berapa kali kita men-charge baterai lepi. Karena software ini akan mencatatnya hingga looping ke berapa kita mencharge baterai lepi.
DOWNLOAD DISINI

TAMBAHAN
biar batere awet dan motherboard kaga rusak tapi lepi diaktifkan 24 nonstop cukup dangan satu pencegahan. yaitu membeli UPS (Unit Power Supply) fungsi UPS adalah untuk menstabilkan listrik (so gak ada masalah lg ka klo listrik naik turun atau bahkan sampe mati sekalian, soalnya UPS skrg sdh tahan 3 jam) nah kita make AC POWER MODE yaitu dengan mencabut batere lepi dan hanya menggunakan power AC yg diambil dari UPS...
gimana sobat? dengan modal 300 ribu bisa mengawetkan batere yg harganya 1,5 juta, motherboard 1 juta, prosesor 2 juta, harddisk 500 ribu, DVD-rw 700 ribu, ram 400 ribu klo ditotal maka penghematan yg dilakukan dapat mencapai 6,1juta...
Hayo pilih mana? ngeluarin 300ribu buat beli UPS atau 6,1juta buat beli lepi baru?

Pertanyaan yang sering muncul:
Haruskah saya melepas baterai ketika menggunakan listrik langsung?
Banyak para pengguna laptop menanyakan hal ini dan kita akan menjawabnya sekarang:
Jawabannya YA dan TIDAK, tergantung dari situasi.
Ketika baterai penuh tapi masih menggunakan listrik langsung itu tidak berbahaya sama sekali, karena jika baterai mengisi sampai 100% baterai otomatis berhenti menerima arus listrik dan arus listrik akan langsung dialihkan ke satu daya laptop.
Bagaimanapun ada kerugiannya jika baterai tidak dilepas ketika menggunakan listrik langsung, tapi hanya berpengaruh terhadap panas yang tinggi diakibatkan komponen laptop.
Jadi:
- Dalam penggunaan normal, jika laptop tidak terlalu panas (CPU dan HDD sekitar 40ºC - 50ºC) biarkan baterai tetap pada soketnya;
- Dalam penggunaan tinggi yang mengakibatkan panas berlebihan (contoh bermain Game, suhu diatas 60ºC) baterai harus dilepas untuk mencegah panas yg sangat tinggi.
Panas, walaupun sudah terisi 100%, adalah musuh besar terhadap baterai lithium bukan arus listrik, pada kebanyakan kita pikir.

Dikutip dari thread: davinmboir

2 comments:

  1. info yang benar-benar bagus dan saya sangat bertermia kasih ya Mas...

    ReplyDelete
  2. matur nuwun pisan kakang prabu dah share info2 ttg hard N soft, dengan tatanan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna, bagi saya pribadi sangat mudah dimengerti dan dipraktekkan, semoga blog ini menjadi ladang ibadahnya mas lugho,amin allahumma amn,,,plz share u'r mail,thks be_4

    ReplyDelete

Isikan komentar anda pada kolom dibawah ini. Mohon gunakan kata-kata yang sopan. Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan. Dan laporkan jika ada LINK yang RUSAK atau MATI kami akan memperbaikinya kembali. Terima kasih

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...