Bagi Sobat Yang Bingung Cara Download Silahkan Klik DISINI

Mengatasi Error Saat Instalasi Windows XP


Kali ini lughot akan memberikan sedikit informasi kepada sobat tentang cara untuk mengatasi error Instalasi XP ..
Pernahkah sobat ketika meng-install atau meng-upgrade komputer sobat dengan menggunakan CD setup Windows XP, mungkin mengalami satu atau lebih dari gejala berikut:

GEJALA :
* Komputer kamu restart sendiri pada interval/selang waktu yang acak.
* Ketika pertama kali menghidupkan komputer, kamu akan menerima peringatan seperti berikut:

Windows could not start because the following file is missing or corrupt :
System32 \ DRIVERS \ pci.sys


* Ketika kamu start komputer dengan menggunakan Windows XP Recovery Console atau memulai setup dari Windows XP CD-ROM, terdapat pesan error salah satu dari pesan kesalahan berikut:


Setupdd.sys could not be loaded. Error code 4.

atau :

Setupdd.sys could not be loaded. Error code 7.


PENYEBAB :
Masalah ini dapat terjadi jika komputer kamu berisi komponen perangkat keras yang rusak atau tidak kompatibel dengan Windows XP.

PENANGANAN :

Nah, untuk mengatasi permasalahan setup Windows XP seperti telah disebutkan diatas, ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Peringatan !! Jangan keburu menyelesaikan prosedur berikut kecuali kamu sudah sangat berpengalaman dan mengenal baik perangkat keras internal komputer dan instalasinya. Komponen perangkat keras dalam komputer sangat sensitif terhadap listrik statis. Untuk informasi mengenai penanganan yang benar terhadap komponen komputer, coba cari sebanyak mungkin informasi mengenai komponen yang terpasang di komputer kamu biasanya terdapat pada petunjuk dari pabrikan atau cari aja di google.

1. Shut down komputer kamu, dan kemudian cabut semua perangkat PCI (Peripheral Component Interconnect).

2. Restart komputer kamu.
* Jika setup Windows start dengan normal, matikan komputer, kemudian pasang ulang perangkat PCI satu per satu. Jalankan Windows setelah instalasi masing-masing perangkat hardware. Ketika kamu menginstal perangkat yang menyebabkan masalah yang dijelaskan di bagian "GEJALA" seperti sudah disebutkan diatas, cabut perangkat tersebut, dan kemudian lanjutkan pemasangan perangkat PCI lain.
* Jika setup Windows tidak berhasil start, cabut satu atau lebih dari modul memori yang terpasang pada komputer kamu. Cukup biarkan satu buah RAM pada komputer untuk menjalankan setup Windows XP.

Catatan Windows XP membutuhkan 128 megabytes (MB) RAM. Minimum adalah 64 MB dan maksimum adalah 4 gigabyte (GB).

Sebagai contoh, jika dua 256-MB modul memori yang diipasang di komputer kamu, cabut salah satu dari modul memori. Jika Windows mulai berhasil, matikan komputer, kemudian pasang kembali modul RAM satu per satu. Jalankan setup Windows setelah instalasi dari masing-masing modul RAM. Ketika kamu memasang sebuah modul yang menyebabkan masalah yang dijelaskan di bagian "GEJALA", cabut modul RAM, kemudian lanjutkan menginstal modul RAM yang lain.

3. Cek dan tentukan apakah perangkat PCI di komputer kamu kompatibel dengan Windows XP, dengan mengunjungi website Microsoft mengenai Daftar Kompatibilitas Perangkat Keras (Microsoft Hardware Compatibility List - HCL)

Semoga bermanfaat

4 comments:

  1. mas mau tanya nie gini aq punya temen komputernya bermasalh dengan soundny trs dia minta aq instal lagi komputernya waktu insstal komputernya ada peringatan yang intinya harus menginstal dulu driver sound tapi di bawah peringatan itu ada petunjuk lanjut atau batalkan instalasi. ketika mau di klik yang lanjutkan eh!!! mausenya macet tombol keyboarb gak berfungsi ,kayak g2 trs aq sama temenku aq ulangi tetep aja muncul lgi peringatan tadi . kok bisa kayak g2 ya tolong mohon pencerahany thanks

    ReplyDelete
  2. terima kasih banyak sangat bermanfaat buat saya.
    keep sharing

    ReplyDelete
  3. gan solusinya gmn si? g ngerti aku
    gambar di atas sama waktu aku install ulang. aku pake win 7 rencarananya mw ganti win xp

    ReplyDelete

Isikan komentar anda pada kolom dibawah ini. Mohon gunakan kata-kata yang sopan. Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan. Dan laporkan jika ada LINK yang RUSAK atau MATI kami akan memperbaikinya kembali. Terima kasih

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...