Bagi Sobat Yang Bingung Cara Download Silahkan Klik DISINI

Tips Membeli Monitor Bekas



Setelah kemarin lughot membuat tips tentang Cara Mengetest Baik Tidaknya Monitor LCD / LED / CRT kali ini lughot akan memberikan tips tentang membeli monitor bekas. Berikut ini adalah tips yang harus sobat perhatikan :


1. Jangan terkecoh dengan harga yang jauh sangat murah.

2. Pastikan usia monitor tidak terlalu tua (dibawah lima tahun).

3. Cek kabel VGA apakah pin-pinnya masih utuh.

4. Kalau perlu, coba dulu monitornya di toko tempat kita membeli.

5. Cek pula pencahayaan layar apakah masih baik atau tidak.

6. Pilihlah monitor yang cahaya layarnya masih terang, karena kalau agak redup itu artinya tidak akan lama lagi tabungnya akan cepat rusak.



7. Gunakan software untuk mengecek kondisi monitor jika memungkinkan.

8. Pastikan mendapat Garansi yang cukup lama dari toko tersebut.





Contoh Pelaksanaan :
1. Ketika membeli peralatan komputer dalam kasus ini monitor, usahakan kita terlihat PD oleh si penjual, seolah-olah kita itu jago atau berpengalaman dengan dunia komputer. Ini untuk menghindari niat penjual menipu (kita) pembelinya.

2. Pas menanyakan monitor sama pedagang usahakan dengan kalimat yang baik (contoh: bang harga monitor bekas kira kira berapa yah bang?) nah gitu caranya, jangan (contoh: bang ada monitor bekas gak bang ? ) nah itu jangan, kalo kaya gitu tar si pedagang jawab dalam hati “yaiyalah disini kan jualan monitor bukan jualan daging”….

3. Trus baru deh kita lihat monitor yang biasanya dipajang didepan tanpa kardus (soalnya second, jadi debuan dikit tidak masalah)

4. Trik lihat merek, awas ketipu tuh !, kasus banyak yang ketipu ama merek. kalo di toko-toko monitor bekas gitu pasti kebanyakan monitor itu merek nya SAMSUNG, wah tergiur kan kita ama yg namanya SAMSUNG, merek yang udah terkenal awet muda (tahan lama).

contohnya kita pengennya samsung yg kita dapet, pisahkan monitor itu dari yg lain dulu sebelum beli jangan langsung maen embat aja, trus liat keutuhan tuh monitor dari mulai kaca depan ampe kabel belakang, bisa aja kabel belakang tuh copot pas kita tilep  . terus liat dibelakangnya kira kira deket kabel nya, disana biasanya ada merek asli dari mesin monitor itu, nah disanalah merek asli monitor itu awas jangan ketipu

5. Nah habis itu,kalo emang gak ada unsur tipu tipu merek baru deh kita nyalain tuh monitor, langsung liat pas monitor nyala, coba liat sudut sudut monitor yang nyalanya, ada luka luka lebam gitu apa tidak ? kalo ada wah berarti rusak nih monitor…

6. Cek resolusinya caranya klik kanan => properties => settings . nah disana ada pengaturan resolusinya…trus dorong tuh slide resolusi ke paling kanan, ato paling besar resolusinya…trus ok deh…,, liat pengaruh ama monitor nya pokoknya harus keliatan lancar. Gunakan software test monitor untuk meyakinkan kalau monitor tersebut benar-benar dalam kondisi baik. Lihat hasilnya apakah ada pengaruh buruk atau tidak. sip lanjut..!

7. Nah sepengetahuanku biasanya kita minta aja garansi toko (soalnya tidak mungkin ada garansi pabrik wong dah second), biasanya mereka memberikan garansi seminggu sampai sebulan.

8. Setelah melalui beberapa pemeriksaan dan hasilnya sesuai dengan keinginan sobat, silahkan bawa balik deh kerumah , trus dirumah pake dulu tuh monitor 24 jam gak berhenti…kalo kuat berarti selamat anda beruntung…..kalo tidak balikin aja tuh monitor mumpung garansi belum habis.



Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Isikan komentar anda pada kolom dibawah ini. Mohon gunakan kata-kata yang sopan. Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan. Dan laporkan jika ada LINK yang RUSAK atau MATI kami akan memperbaikinya kembali. Terima kasih

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...