Bagi Sobat Yang Bingung Cara Download Silahkan Klik DISINI

Cara Mengatasi Instalasi Windows XP Yang Selalu Restart Di Sisa Menit Ke-34

Artikel ini berdasarkan dari kisah nyata saya, saya nulis posting kali ini sesuai yang disebut dijudul. Jadi kronologis kasusnya seperti dibawah ini:
a. Saya menginstall ulang Windows XP di komputer dengan menggunakan CD XP
b. XP Setup mulai jalan di tahap I sampai restart otomatis...

c. Komputer saya boot WinXP untuk mulai instalasi tahap II (GUI) seperti gambar dibawah ini:
d. Nah.. pas proses instal tinggal 34 menit lagi (Setup will complete in approximately 34 minutes), tiba-tiba komputer saya restart sendiri.
e. Kemudian saya coba ulang install XPnya, tapi komputer tetap restart di posisi/waktu yang sama & begitu terus menerus...

Kasus ini disebabkan adanya error 'pengenalan' driver hardware pada kompie/laptop yang punya masalah kayak diatas...

Cara Mengatasinya:
1. Install ulang XP seperti biasa,tunggu sampai posisi menit dimana Setup akan restart (biasanya di menit ke-34 instalasi yang tersisa).
2. Ketika kompie/laptop sobat restart, segera keluarkan CD/DVD/USB Instalasi XP dari drive-nya.
3. Tunggu sampai muncul kotak error dari Setup Windoze yg muncul karena tidak menemukan cd/dvd instalasi yang memang sengaja sobat keluarkan tadi.
4. Tekan tombol Shift+F10 utk masuk ke DOS prompt Windoze.
5. Kemudian ketikkan ini di jendela prompt utk masuk ke direktori "Windows":

CD C:\WINDOWS\
lalu ENTER.
6. Terus ketik lg:
setupapi.log
lalu ENTER.
7. Akan terbuka file "setupapi.log" di notepad, terus sobat cari baris teks "inf" (bisa dgn tekan Ctrl+F, isikan dgn "inf") di bagian2 bawah file setupapi.log yg sedang sobat buka.
8. File .inf yg saya maksud yang ada dibagian akhir file .log itu adalah file driver hardware di kompie agan yg bermasalah dengan Setup XP yang menjadi penyebab instalasi XP sobat restart terus-menerus. Hapal nama file .inf yang error tersebut!! (dalam kasus saya diatas yang bermasalah adalah driver modem "mdmcxpt.inf").
9. Nah, disinilah triknya berfungsi. Sobat mesti lewatkan/skip pembacaan driver yang bermasalah tersebut oleh instalasi XP, caranya:
- Tutup dulu file setupapi.log yang sobat buka terus dari jendela prompt yang msh terbuka, ketik:

CD C:\WINDOWS\inf\
-Terus ketik:
DEL <nama_file_inf_yg_error> /y
misalnya untuk kasus saya:
DEL mdmcxpt.inf /y
- Nah, kalo sudah,... sobat sekarang sudah bisa masukkan kembali CD/DVD/USB instalasi XP sobat untuk melanjutkan instalasinya & tidak ada restart2an lagi.

-semoga membantu-



NB:
Trik diatas juga bisa sobat gunakan jika sobat lupa CD Key Windows XP Setup
Caranya sama, sewaktu Setup minta CD Key yang sobat lupa tekan tombol Shift+F10 utk masuk ke DOS Prompt, terus ketik:

CD C:\WINDOWS\
terus ENTER. Ketik lagi
NOTEPAD.EXE
selebihnya, sobat tinggal buka file teks yg berisi CD Key XP Setup sobat terus copy paste ke kotak CD Key Setup sobat...
-semoga membantu-
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...