Bagi Sobat Yang Bingung Cara Download Silahkan Klik DISINI

Cara Memperbaiki Kabel Charger Laptop Yang Putus

Kali ini saya akan berbagi tips dalam memperbaiki charger laptop yang rusak, dalam artian disini kerusakannya yaitu kabel charger putus
Syarat charger :
1. kerusakan hanya pada kabel saja
2. charger masih dalam kondisi baik/hidup [tidak mati total]
Oke langsung saja berbekal dari kenekatan saya, daripada beli charger baru padahal charger lama masih bisa digunakan hanya kabel outputnya saja yang putus.
Awalnya sih saya sudah tahu bahwa bagian pangkal kabel yang dekat dengan chasing charger itu yang bermasalah, soalnya pas saya pelintir-pelintir tu kabel nyala dan hidup lagi. awal2 masih bisa di akali dengan mengikatnya dengan karet gelang. tapi pada akhirnya tu kabel tewas juga dan mesti di ganti.

1.Perlengkapan
- Soder
- AVO meter
- Palu
- Tank cucut
- Cutter
- Minyak pelicin (terserah: minyak kayu putih,dll)
- Lem/perekat (misal: alteco,dll)


2.Charger laptop yang putus
3.Pertama kita oleskan pada sambungan charger cairan bensin/minyak kayu putih, dikit aja.
4.kemudian kita ketok-ketok tuh pinggiran sambungan menggunakan palu
VIDEO

video
5.Hasilnya seperti ini habis di ketok
6.Kita buka/pisahkan chasing dengan isinya
7.Bagian kabel yang harus di copot menggunakan Solder. [Inget posisi + & -]
Usahakan Lubang kabel pada PCB tetap ada
8.ini yang penting dan tidak dijual di toko, apabila sobat masih berniat menggunakan kabel lama. Sobat belah pangkal karet penyangga seperti berikut ini
9.Karena posisi kabel yang putus sudah diketahui, sekitar 20cm dari pangkal, maka kita tinggal memotongnya saja.
Kemudian di cek menggunakan AVOMETER. Hubungkan ujung kabel Avometer dengan kabel pada ujung satunya juga. Jika jarum avo masih belum menyala, coba kabel di potong sedikit-demi sedikit hingga kabel tersebut bisa dipake. jika dipotong mpek ukutan pendek dan belum ketemu juga yang putus dimana, silahkan beli kabel serupa di toko elektro terdekat. ada kok...


10.sambung kembali menggunakan Solder, kabel dengan PCB charger. Ingat!Posisi kabel jangan sampek tertukar plus & minusnya.[lihat gambar sebelum kabel di copot]
11.Nah..di tahap ini sudah hampir selesai. ambil pangkal kabel yang sudah kita belah tadi, kemudian satukan menggunakan perekat/lem disini lughot menggunakan Alteco
Hasilnya
12.nah,,,terakhir, kita pasang kembali chasing charger dengan menggunakan lem alteco pada pinggirannya sebagai perekat. tunggu hingga 10 menit sambil di tekan2 pada chasing tersebut.
Charger siap digunakan kembali
Selamat mencoba

9 comments:

  1. mesti pake palu yah gan? extreme amat, wah ane gak berani kalo pake palu. trus soal kabelnya kalo gak pake punya avo gimana gan? ada alternativ lain gak?

    ReplyDelete
  2. Mantap Gan, bisa nambah ilmu.
    Ditunggu Update nya.

    Sukses Selalu

    ReplyDelete
  3. Wah, kebetulan nih, charger laptopku lagi rada bermasalah, makasih bos ilmunya, ane tunggu posting berikutnya

    ReplyDelete
  4. waduh buka casing y pake palu toh,, ane malah binggung cara buka nya . ko g ada baud nutuk mmbuka

    ReplyDelete
  5. wah gathuk gan, pas saya mau buka nih charger, maturnuwun...

    ReplyDelete
  6. Wah ... tq mas, nambah pengetahuan ane ... soalne biasanya ane belah pake pisau cutter ... ternyata ada yg lebih simpel yaitu pake bensin/minyak trus ketok pake palu ... thanks.

    ReplyDelete
  7. mantep dah gan... dah sukses ane ikutin tutorial diatas :D nanggung lagi marah.. akhirnya di jedot2in tuh palu ke adaptornya.. kebuka cassingnya hahaha.. dah gitu.. solder nya di buka, gunting kabelnya.. ane langsung pasang aja gak punya avo soalnya hahaha.. tapi alhamdulillah running well.. hatur thankyou tutornya.. mangstab!

    ReplyDelete

Isikan komentar anda pada kolom dibawah ini. Mohon gunakan kata-kata yang sopan. Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan. Dan laporkan jika ada LINK yang RUSAK atau MATI kami akan memperbaikinya kembali. Terima kasih

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...