Bagi Sobat Yang Bingung Cara Download Silahkan Klik DISINI

Cara Menghapus Instalasi Ganda / Dobel Saat Booting (Windows XP)

Masalah ini terbilang sering kita jumpai,  ketika muncul sebuah masalah di Windows XP (baik terkena virus atau kegagalan sistem), kita dengan mudahnya berpikir “Instal ulang aja”. Yap, cara praktis untuk menyelesaikan masalah di Windows adalah instal ulang. Sebelum instalasi, Windows melakukan pengecekan sistem operasi yang telah terinstal. Masalah akan muncul bila kita salah  memilih partisi yang akan digunakan untuk instalasi. Akibatnya akan ada dua, tiga bahkan empat  buah Windows XP di dalam satu PC!. Tandanya adalah muncul pilihan untuk memilih sistem operasi yang digunakan ketika pertama kali booting.

Kasus yang sering kita temukan adalah adanya 2 OS Windows boot log on yang tidak sengaja ter-install akibat instalasi windows yang tidak sempurna. Seperti gambar ini contohnya :
Pada saat booting, windows memberikan 2 pilihan OS untuk log on windows. Terlihat pada pilihan kedua OS masih dalam bentuk SETUP, ini berarti installasi windows yang pertama tidak sempurna dan tidak di hapus sebelum melakukan instalasi windows yang kedua.

Ada cara untuk menghilangkan salah satu OS yang tidak diinginkan tersebut sehingga setiap kali log on windows kita tidak perlu melakukan pemilihan OS untuk log on.

Untuk menghilangkannya tidak bisa cuma dengan menghapus direktori WINDOWS. So? Pertama kali kita harus masuk ke instalasi yang benar. Setelah itu cari file boot.ini yang terletak di DRIVE C:. Isinya akan terlihat seperti di bawah ini:
Gambar. File boot.ini
Sebelum mengubah file boot.ini, sebaiknya anda mem-backup dahulu file tersebut. Bila terjadi kesalahan, anda hanya perlu mengganti file boot.ini yang salah dengan file backup boot.ini. Hapus salah satu baris di bawah [operating systems]. Baris yang dihapus merupakan instalasi windows xp yang ingin dihapus. Perhatikan bagian default. Bagian ini harus mengacu pada instalasi yang ingin dipertahankan. Simpan perubahan yang sudah dilakukan.
Restart komputer anda. Bila proses booting lancar (tanpa ada pilihan dua sistem operasi), anda dapat menghapus file instalasi windows yang sudah tidak diperlukan.

atau....

Untuk menghilangkan salah satu boot os dapat dilakukan dengan meng-edit file boot.ini. Caranya :

klik Start --> Run --> ketikkan : c:/boot.ini -->> ok atau Enter
maka akan terbuka file boot.ini dalam bentuk notepad :

[boot loader]
timeout=30
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS="Windows XP Professional" /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)\WINDOWS="Windows XP Professional" /fastdetect

delete salah satu dari dua OS yang ter-list di file boot.ini (menurut pengalaman kasus yang sering ada, OS yang bermasalah selalu installasi OS yang pertama bukan yang terkahir, maka yang harus di delete adalah list no 2). Setelah di delete save kembali file boot.ini (simpan saja dengan pilihan save dan bukan save as).

Restart kembali pc dan tidak ada lagi menu option untuk pilihan boot saat log on windows. Mudah-mudahan bermanfaat.
PERHATIAN:
Lughot tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan dan kerugian dalam bentuk apapun yang mungkin terjadi. Do it at your own risk!!! Percobaan di atas memang telah benar dilakukan oleh penulis di Laptop Axioo M54SR dan berhasil. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya anda backup dulu system anda


11 comments:

  1. thanks mas atas informasinya, sangat berguna untukku

    ReplyDelete
  2. Ngapaen pasang Dual OS, pakek Virtual Machine juga bisa. Nie download ajah => http://fs32.filehippo.com/3980/b38acae5734841e49728a4b722d348d8/VMware-player-5.0.0-812388.exe

    ReplyDelete
  3. kog di save as gak bisa gan?

    ReplyDelete
  4. kog di save gak bisa gak?
    harus save as , kalo save as gagal hapus nya.

    ReplyDelete
  5. ilmunya pas buat saya..
    izin baca ya...
    makasih

    ReplyDelete
  6. Truz gan cara maasuk ke seperti gambar file.boot.ini yg d atas gmana caranya..?

    ReplyDelete
  7. makasih gan, baru aja ane ngalamen masalah ini. mantabbb

    ReplyDelete
  8. makasih sob,, ternyata setelah aku praktekin langsung berhasil,, sukses buat anda
    semoga terus memposting artikel yang berkualitas

    ReplyDelete
  9. makasih buanget mas..
    sangat bermanfaat buat aku yg jg sedang bermasalah dgn hal ini.

    ReplyDelete

Isikan komentar anda pada kolom dibawah ini. Mohon gunakan kata-kata yang sopan. Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan. Dan laporkan jika ada LINK yang RUSAK atau MATI kami akan memperbaikinya kembali. Terima kasih

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...