Bagi Sobat Yang Bingung Cara Download Silahkan Klik DISINI

Cara Memulihkan Data Pada Keping CD Yang Tergores Atau Rusak

Setelah kemarin lughot pernah membuat artikel dengan judul Cara Memperbaiki CD/DVD Yang tergores, kali ini lughot belajar sebuah teknik lama bagaimana cara memulihkan atau mengambil data pada disk yang rusak atau tergores. Dalam kasus ini lughot punya sebuah pengalaman, yaitu meminjam CD game seorang teman dan tanpa disengaja CD tersebut tergores dan tidak terbaca lagi oleh CD/DVD Drive. Karena CD game tersebut langka dicari di tempat jualan CD game, akhirnya lughot belajar untuk memperbaikinya. Di sini lughot akan membahas beberapa teknik khusus tentang pengalaman lughot untuk membuat CD dapat terbaca lagi meski tergores.

Pertama-tama persiapkan beberapa alat akan diperlukan:
1. Software Alkohol 120%
2. Software UltraISO
3. Windows XP/2000 (tidak diuji pada OS lain karena lughot masih memakai XP J)
4. Sepotong kapas kecil
5. Kertas Pembersih yang kering
6. Dan yang terakhir, minyak yang biasa digunakan untuk memasak (merk terserah J).

Langkah pertama
Siapkan CD yang tergores, kapas dan beberapa tetes air, mulai membersihkan permukaan atas CD. Lakukan 3 kali dan keringkan air dengan selembar kertas bersih kering. Dengan sepotong kapas baru, teteskan beberapa minyak yang biasa digunakan untuk memasak dan mulai membasahi permukaan seperti Anda mencuci CD dengan minyak. Keringkan dengan hati-hati sekarang. Beberapa partikel dari minyak akan tetap berada di permukaan dari goresan tersebut. Tidak apa-apa. Sepertinya minyak dapat membantu laser dari driver CD / DVD untuk membaca permukaan lagi. Tentu ini akan bekerja dengan baik pada goresan kecil - beberapa bagian goresan sulit lepas dari permukaan CD di mana kita memiliki data dan itu hilang selamanya.Tapi jika dicobanya, kemungkinan cara ini 80% bisa terbaca lagi CD yang tergores kecil itu menjadi pulih.

Langkah Kedua
Pengujian CD Dengan Alcohol 120% membuat ISO - gambar membuat wizard - dan mari kita lihat jika aplikasi ini bisa membaca permukaan yang rusak. Dalam kasus saya Alkohol 120% sudah sembuh 60% dari data.Ini tidak cukup. Apakah saya harus mencoba aplikasi lain? Kebanyakan memang mereka tidak memulihkan semua data. Namun dalam kasus ini laser drive CD / DVD BISA memulihkan semua data. data masih ada, apa yang harus kita lakukan?

Langkah ketiga
Membuat CD baru dengan sistem copy utama dari windows explorer Anda bisa melakukannya. Cukup membuat satu folder dengan nama yang sama dari label CD untuk referensi tindakan burn yang akan dilakukan, dan menyalin isi CD ke folder. Ketika proses copy CD menemukan awal, dalam sebagian besar kasus, itu memperlambat membaca dan akan pulih SEMUA data. Jika CD sudah rusak tidak, itu hanya memberitahu Anda ada sektor terbaca. Dalam hal ini CD Anda hilang. Tapi itu bukan kasus saya, akhirnya windows explorer punya semua data dari awal dan membuat salinan di folder tersebut. dengan UltraISO, menulis label CD asli, drop isi dari folder dan save as Iso. Anda dapat Uji CD baru hanya mounting iso di 120% Alkohol. Dalam sayakasus saya lakukan ISO dari dua keping dan diuji menginstal dari ektensi ISO. Bekerja dengan baik. Saya mendapat 4 MB hilang lagi. Jadi, saya telah membakar CD dan sekarang saya memiliki CD copian yang tergores.

Seharusnya semua proses diatas sudah berhasil. Nah jika proses diatas belum berhasil yang terakhir ini kedengarannya mungkin terlalu aneh, tetapi ini yang membuat berhasil. Tentu saja Anda bisa tidak melakukannya proses pembersihan dan mencoba untuk menyalin langsung isi dengan Windows explorer. Tapi dalam kasus saya tidak berhasil tanpa minyak. Semoga artikel ini bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Isikan komentar anda pada kolom dibawah ini. Mohon gunakan kata-kata yang sopan. Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan. Dan laporkan jika ada LINK yang RUSAK atau MATI kami akan memperbaikinya kembali. Terima kasih

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...