Bagi Sobat Yang Bingung Cara Download Silahkan Klik DISINI

Cara Tes Kecepatan Flashdisk


Beberapa bulan yang lalu saya membutuhkan UFD baru, mengingat UFD transcend yang kecil saya itu selalu sulit dicari karena ’saking’ kecilnya. Hal ini cukup menyebalkan juga, jadi saya membutuhkan UFD yang ukurannya normal, desainnya sederhana, memiliki kecepatan baca/tulis cepat dan tentunya berwarna hitam

Saya bingung memilih transcend atau kingston, keduanya merupakan merk UFD yang menurut saya bisa diandalkan. Transcend, unggul dalam hal model desain dan juga garansi (seumur hidup, langsung ditukar baru jika masih ada stok barangnya). Sedangkan kingston, terkenal sebagai produsen memori besar yang memiliki keahlian dalam membuat berbagai tipe memori PC (Personal Computer).

Akhirnya saya memilih Kingston DT-100 4GB. Saya termakan dengan promosi penjual yang mengatakan UFD ini memiliki kecepatan baca yang tinggi dibandingkan UFD yang lainnya. Pertanyaannya adalah bagaimana membuktikan apa yang dikatakan oleh penjual UFD tersebut.

Setelah mencari-cari di internet, saya mendapatkan sebuah shareware yang bisa digunakan untuk mengukur kecepatan baca dan tulis UFD (USB Flash Disk). Shareware itu adalah Flash Memory Toolkit yang bisa didownload disini : Download here

Flash Memory Toolkit terdiri atas berbagai fasilitas yang sangat berguna untuk flash memory, yaitu mengetahui informasi ttg flash memory, backup data, mengembalikan file yang hilang, dan mengukur kinerja flash memory. Fasilitas terakhir yaitu File Benchmarkadalah fasilitas yang akan kita gunakan untuk mengukur kinerja flash memory kali ini.

Hasil pengukuran menunjukkan bahwa apa yang dikatakan si penjual Kingston DT-100 itu memang benar, UFD ini memiliki kecepatan baca yang cukup tinggi yaitu berkisar antara 19MB/s – 21MB/s. Sedangkan kecepatan tulisnya adalah 3MB/s – 7MB/s.

Sebagai perbandingan, Kingston U3 saya yang dulu saja hanya memiliki kecepatan baca sekitar 11MB/s dan kecepatan tulis sekitar 4MB/s.

Imation Nano yang saya punya juga hanya memiliki kecepatan baca sekitar 12MB/s dan kecepatan tulis sekitar 3MB/s saja.

Terakhir saya cek kecepatan Trancend JetFlash T3 mungil saya, dan hasilnya masih dibawah Kingston DT-100 yaitu hanya memiliki kecepatan baca sekitar 2MB/s dan kecepatan tulis sekitar 12MB/s.

Bagaimana dengan UFD kamu? Ayo sharingkan hasil tesnya supaya ketahuan mana UFD yang paling cepat kinerjanya dalam membaca dan menulis file. Jadi bisa buat rencana buat beli flashdisk baru.

Semoga bermanfaat



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...