Bagi Sobat Yang Bingung Cara Download Silahkan Klik DISINI

Apa Sih Svchost.exe itu?

Setelah beberapa waktu yang lalu lughot memposting tentang Cara Mengatasi Yang Svchost.exe nya download terus dan CPU > 50% . Muncul banyak banget pertanyaan soal SVCHOST.EXE. Sebagian besar karena memory dan cpu yang dipakai sangat besar, dan yang lain mencurigai svchost jadi sarang virus. Disini akan dishare mengenai seluk beluk svchost.exe yang lughot ketahui. 


Apa sih svchost.exe tu?
Pertama-tama kita harus tahu apa itu services. Services bisa dibilang semacam bagian dari program yang mensupport jalannya sebuah program atau perintah. Misal services print spool berguna untuk melakukan spooling saat melakukan printing. Services yang lain berguna untuk aplikasi dan perintah lain tentunya. Services bisa dipahami juga seperti file dll (dynamic link library) yang berisi set perintah dan variable dalam sebuah program. Jika file dll dieksekusi dengan aplikasi yang bersangkutan atau rundll32.exe maka services yang ada di windows dijalankan dengan aplikasi yang berkaitan atau melalui svchost.exe. Jadi svchost.exe bisa dibilang sebagai wadah bagi services yang tidak atau belum dipanggil oleh aplikasi tetapi sudah siap berjalan.


Kenapa banyak svchost.exe yang berjalan?
Karena fungsi svchost.exe adalah sebagai wadah eksekusi (host) maka setiap kali sebuah services menyala maka svchost.exe akan dinyalakan. Sebagian services yang aktif pada saat yang sama akan masuk ke dalam sebuah svchost.exe yang sama. Jadi sebuah file svchost dapat menampung banyak services, tergantung waktu eksekusi, dependensi sebuah services, serta siapa yang menyalakan services (System, local network, atau user). Jadi wajar jika terdapat 5 hingga 8 svchost.exe berjalan pada saat yang bersamaan.


Apa sih yang dijalankan oleh svchost?
Task manager secara default tidak akan menampilkan detail apa yang dijalankan oleh svchost. Untuk mengetahui apa yang dijalankan svchost, anda bisa mengklik kanan svchost di task manager lalu pilih go to service(s). Fitur ini hanya ada di Win Vista dan 7.
Informasi lebih detail tentang svchost bisa didapatkan di cara mengatasi yang svchost.exe nya download terus dan CPU >50%. Jika anda menemukan bahwa svchost anda menjalankan sebuah file yang berada di luar folder system32 anda perlu hati-hati dan pastikan itu bukan sebuah malware. Waspadai juga svchost yang dijalankan bukan oleh system, local services, atau network service. Jika ada yang dijalankan oleh salah satu user, waspadai isi svchost tersebut.



Apakah mengurangi services yang berjalan bisa mengurangi svchost? Bagaimana caranya?
Bisa iya bisa tidak. Tergantung apakah services tersebut dijalankan oleh instance svchost yang berbeda. Tetapi mengurangi services yang berjalan bisa sedikit membantu mempercepat booting windows. Caranya buka run dan jalankan services.msc lalu cari services apa saja yang otomatis berjalan. Banyak artikel yang sudah membahas ini, jika anda menjalankan windows xp, terdapat koleksi informasi setting services yang cukup lengkap disini. Menurut saya, jika anda kurang yakin untuk men-disable, lebih baik di set manual saja services yg tidak begitu dibutuhkan.


Kenapa svchost.exe saya memakan banyak CPU dan memory usage?

  • Jika anda menjalankan program antivirus, sangatlah wajar jika svchost anda membuat CPU dan memory anda banyak terpakai. Mematikan automatic updates baik di dalam antivirus maupun windows update bisa meredam lonjakan memory usage oleh svchost. Sebagai konsekuensinya anda harus rajin melakukan update secara manual.
  • Masalah yang lain muncul karena proses instalasi atau uninstall yang kurang sempurna. Hal ini membuat services yang dijalankan oleh svchost terus mencari-cari anaknya eh aplikasi yang hilang sehingga CPU anda banyak terpakai. Cek juga startup anda di msconfig, pastikan services yang berkaitan dengan aplikasi yang anda matikan juga dinonaktifkan atau di set ke manual.
  • Gunakan juga hijackthis untuk memastikan tidak ada file missing di bagian services. Biasanya terdapat di kode O23, jika ada yang missing, pastikan services tersebut sudah di-disabled.
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Isikan komentar anda pada kolom dibawah ini. Mohon gunakan kata-kata yang sopan. Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan. Dan laporkan jika ada LINK yang RUSAK atau MATI kami akan memperbaikinya kembali. Terima kasih

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...